Thursday, August 20, 2020

Menarik Minat Calon Mahasiswa, Institut Parahikma Indonesia Tawarkan Konsep Trilogi

Ket : Suasana penyambutan mahasiswa baru (maba) di Institut Parahikma Indonesia

GOWA, KNEWS - Institut Parahikma Indonesia (IPI) mengandalkan trilogi atau tiga program utama sebagai bekal mahasiswa. Meski baru berdiri pada tahun 2016, Insitut Parahikma Indonesia (IPI) tercatat sebagai kampus baru paling pesat perkembangannya, terutama di Indonesia Timur. Perkembangan tersebut tak lepas dari program kampus yang ditawarkan kepada mahasiswa. (20/08)

Arief Balla salah satu Dosen di IPI yang juga lulusan Megister di Amerika Serikat mengatakan Semua mahasiswa dari semua jurusan diwajibkan untuk dapat berbahasa Inggris, setidak-tidaknya bahasa Inggris tingkat dasar. 

"Bahasa Inggris adalah keahlian yang tidak hanya harus dimiliki oleh jurusan Bahasa Inggris tetapi untuk semua jurusan. Bahasa Inggris menjadi alat untuk mengakses informasi dan referensi seluas-luasnya dari sumber primer"Tuturnya, Kamis (20/08)

"Disini Mahasiswa digenjot untuk menguasai bahasa Inggris dasar selama satu tahun pertama. Para instrukturnya adalah dosen IPI, baik lulusan dari dalam negeri maupun luar negeri. IPI merekrut banyak lulusan luar negeri untuk memacu perkembangan akademik dan non-akademik baik dari penerima beasiswa pemerintah Indonesia seperti LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) maupun program beasiswa dari negara lain seperti Fulbright (Amerika Serikat),"Lanjut lulusan Amerika tersebut

Dia juga menerangkan, Pada semester enam, semua mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kelas TOEFL atau tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Mahasiswa akan mengikuti ‘placement test’ untuk menentukan level mereka. Level mereka akan menentukan materi dan intensifikasi pertemuan yang harus diberikan agar skor target tercapai. 
TOEFL dan bahasa Inggris akan menjadi modal awal mereka setelah selesai, baik untuk kepentingan pekerjaan maupun untuk melanjutkan studi. 

"Selain bahasa Inggris, semua mahasiswa dibekali keahlian desain grafis sebagai bagian dari program melek ICT (Information and Computer Technology). Mahasiswa diajarkan desain grafis seperti editing foto dan video sehingga penguasaan fitur-fitur teknologi akan menjadi keunggulan para alumni saat selesai,"Jelasnya pada KNEWS co.id

Bagian terakhir dari nilai-nilai trilogi adalah ilmu hikmah, yaitu program pembentukan karakter agar memiliki nilai-nilai keislaman yang kuat. Mahasiswa digembleng untuk memiliki karakter kepemimpinan, empati, kreativitas dan inovasi serta integritas. Nilai-nilai yang tidak dimiliki oleh robot dan mesin. 

"Agar menjadi mahasiswa berintegritas, proposal dan skripsi mahasiswa dicek kadar plagiasnya dengan aplikasi Turnitin. Jika persentasinya lebih dari 35%, seperti halnya kader toleransi di kampus-kampus luar negeri, maka mahasiswa diminta dan dibimbing untuk merevisinya. 
Selain itu. IPI juga memiliki beasiswa untuk penghafal Al-Quran. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.parahikma.ac.id,"Tutupnya 

(Red)

Sebelumnya
Selanjutnya